6.15.2011

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

         Makhluk hidup terbentuk oleh sel-sel.Ada yang terdiri dari sel-sel atau disebut uniseluler.misalnya bakteri.Ada pula makluk hidup yang terdiri dari kumpulan - kumpulan sel atau multiselular.misalkan manusia,hewan,dan tumbuh -tumbuhan.
        Di dalam sel akan terjadi semua kegiatan kehidupan ,seperti:respirasi,ekskresi,transportasi,sintesa reproduksi,sekresi dan respon/tanggapan terhadap rangsang.sehingga sel merupakan suatu unit terkecil yang membentuk tubuh makluk hidup dan merupakan tempat terselenggaranya semua fungsi kehidupan.
A.Komponen Kimia Sel
     Seluruh bagian sel tumbuhan dan sel hewan mengandung senyawa kimia. sel -sel tersebut tersusun atas proto plasma yang mengandung bahan - bahan organik dan anorganik antara lain tersusun atas karbohidrat,lemak,protein dan asam amino.
1.Karbohidrat
karbohidrat terdiri dari unsur -unsur C,H,dan O
Golongan karbohidrat vantaralain gula,tepung,dan seluloas.Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling utama bagi sel dan jaringan tubuh satu gram karbohidrat mengandung 4,1 kalori.
       Karbohidrat digolongkan menjadi monosakarida,disakarida,dan polisakarida.
a.Monosakarida adalah karbohidrat sederhana.Rasanya masnis,larut dalam air,dapat dikristalkan.Karbohidrat terdiri atas satu gugus gula.Sebagai contoh:pentosa yang mengandung 5 gugus C ,misalkan ribosa,deoksiribosa dan heksosa yang mengandung 6 atom C ,misalnya glukosa,frukrosa dan galaktosa.
b.Disakarida,yang terdiri dari dua molekul monosakarida.Rasanya manis,dapat larut dalam air dan dapat dikristalkan.Karbohidrat ini terdiri atas dua gugusan gula.misalkan :sukrosa(gula tebu),laktosa(gula susu).
c.Polisakarida,karbohidrat ini terdiri atas lebih dari sepuluh gugus gula.Contohnya amilum(zat pati).

2.Lemak
Molekul lemak tersusun atas unsur -unsur C,H,dan O,tetapi kadang -0kadang terdapat P dan N.Komponenya adalah asam lemak dan gliserol.Merupakan senyawa organik yang tidak larut dalam air,tetapi larut dalam zat pelarut organik,Misalkan :minyak tanak,clorofom,dan eter.
Lemak dapat dibagi menjadi tiga macam:
a,Lemak sederhana,meliputi:lemak dan minyak
b.Lemak campuran ,meliputi:fosfolipid dan lipoprotein.
c.lemak asli,melipuyi:asam lemak dan sterol,seperti kolesterol dan lemak pelarutvitamin D.
Lemak yang dapat dilihat,seperti:lemak daging hewan dan minyak tersusundari trigliserit,yang terdiri dari gliseroldan tiga asam lemak.
Berdasarkan tingkat kejenuhannya,asam lemak dibagi menjadi:
a.asam lemak tubuh dapat disintesis oleh tubuh,contoh asam palmitat dan asam stearat.
b.asam lemak tak jenuh,tidak dapat disintesis oleh tubuh,diperoleh dari luar tubuh,contoh:asam oleat,dan asam linoeat.
Sumber Lemak:
a.Lemak hewani:daging,telur,susu,ikan
b.Lemak tumbuhan/Nabati:kedelai,kacang tanah,minyak kelapa,mentega.Terhidrolisis lemak akan menghasilkan asam lemak dan gliserol.
Protein
Protein hewani dan protein nabati mungkin memiliki efek yang sama terhadap kesehatan. Ini adalah paketprotein yang kemungkinan untuk membuat perbedaan. Sebuah steak kedai bir 6-ons panggang merupakansumber protein-38 gram layak. Tetapi juga memberikan 44 gram lemak, 16 dari mereka jenuh. Itu hampirtiga-perempat dari asupan harian yang direkomendasikan untuk lemak jenuh. Jumlah yang sama salmonmemberi Anda 34 gram protein dan 18 gram lemak, 4 dari mereka jenuh. Secangkir lentil dimasak memiliki18 gram protein, tetapi di bawah 1 gram lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar